Tips Mengemat Listik Token untuk Anak Kost


Anak kosan julukan untuk mereka yang tinggal jauh dari orangtua. Biasanya karena alasan sekolah, kuliah, ataupun untuk bekerja jauh dari kampung halaman. Keadaan tersebut memaksa mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar, termasuk soal penggunaan energi di kosan. Apalagi bagi kosan yang menggunakan pulsa token. 

Semenjak kemunculannya, pulsa token menjadi populer, terutama untuk para pemilik kosan yang nggak mau ribet ngurusin listrik kosannnya karena pasang instalasinya mudah dan murah, nggak seribet pasang listrik pascabayar kayak di rumah-rumah dulu. Nah, kalau kosan kalian menggunakan listrik token di mana kalianlah yang harus mengisi sendiri, bukannya pemilik kosan, maka yang harus diperhatikan adalah pulsa yang harus kamu isi dengan berapa kwh yang kalian dapat. harganya mulai dari Rp 20.000-Rp. 1.000.000. Nah tingga pilih.

Berikut tips bagaimana cara menghemat energi ala anak kosan nih:

1. Bijaklah menggunakan alat elektronik di kosan

Jika kamu memiliki banyak gadget, bijaklah menggunakannya. Jangan lupa mencopot colokan charger laptop, tab, atau handphonemu jika sudah terisi penuh. Kebiasaan jelek kita itu lupa lepas charge laptop karena terburu-buru udah telat masuk kelas gara-gara semalamnya nonton drama film bajakan sampai pagi.

3. Charge gadgetmu di kampus atau tempat publik

Tips dua ini bisa menghemat energi listrikmu. Kalau kamu lama di kampus atau lagi nongkrong di Indomart, Alfamart atau tempat serupa, janganlah lupa sempatkan isi batrei laptop dan smartphonemu di sana jadi pas sampai kosan nggak menggunakan banyak energi listrik lagi. 

4. Gantilah lampu kamarmu dengan lampu neon atau LED

Lampu neon atau LED? Keduanya memiliki manfaat dan harga yang berbeda. Tapi mereka lebih baik dibanding lampu pijar atau bohlam yang warnanya kuning itu. Warna cahaya yang dihasilkan dari kedua jenis lampu itu putih yang jelas jauh lebih sehat. Walaupun harga mereka lebih mahal dibanding lampu neon, tapi waktu pemakainnya juga lama. Jadi selain bisa hemat energi, kamu juga bisa hemat uang kan?!

5. Jangan mantengin hape dan latop untuk hal nggak penting

Dua benda tersebut memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Setiap harinya kamu pasti cek hape, apakah ada chat di whatsapp, line masuk, ataukah ngeplay ratusan lagu di laptop yang sebenarnya nggak pengen kamu dengerin, hanya karena kebiasaan aja pas lagi ngetik tugas kuliah atau skripsian, kalian nyalain mp3. Alhasil semua gadget kalian itu menyala dan cuma boros-borosin batrei.jadi, gunakanlah dengan bijak kedua alat itu karena selain untuk menghemat pulsa listrik kalian, itu juga ngasih waktu istirahat gadgetmu biar nggak ngelag terus.

6. Matikan TVmu sekarang juga!

Pernah nggak sih kalian nyadar kalau sebenarnya saat ini bukan kita yang nonton TV tapi TV nonton kita? Karena faktanya kebiasaan menyalakan TV ketika bangun tidur atau kegiatan lainnya itu sesuatu yang nggak baik dan harus segera dihentikan supaya nggak buang-buang energi listrikmu begitu saja.lagian kalian gak terlalu suka kan dengan konten tv sekarang ini

7. Carilah kosan yang punya jendela langsung kena paparan matahari

Kalau kalian baru akan kos, coba cari kosan yang memiliki jendela yang sehat di mana matahari bisa masuk kamar kalian. Kamu bisa menghemat energi listrik karena penerangan langsung dari paparan sinar matahari. Selain itu, kamar yang disinari matahari bisa mengilangkan bau apek lho, sehat juga untuk badan di pagi hari. 

0 Response to "Tips Mengemat Listik Token untuk Anak Kost "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel